Rabu, 23 April 2008

Menciptakan Bisnis

MENCIPTAKAN BISNIS

Oleh : ABDULLAH UBAY SIDK, SE

1. JENIS USAHA

v Sektor

Bisnis ini bergerak diprioritaskan kepada sektor jasa. Saya beranggapan bahwa bisnis ini mempunyai potensi yang menguntungkan. Di dalam konsep pemasaran bahwa titik awal pasar sasarannya adalah mahasiswa/pelajar, perkantoran dan publik. Kemudian difokuskan kepada kebutuhan pelanggan dan hasil yang diharapkan adalah laba melalui kepuasan pelanggan.

v Jenis

Jenis usaha yang dijalani meliputi usaha yang bergerak dalam usaha rental pengetikan, service, dan jual beli komputer. Saya terus bermitra mencari relasi yang bertujuan untuk memperluas pasar, karena bermitra untuk mendapatkan laba.

v Detail

Bisnis yang saya jalani bersifat universal pada segmen pasar secara keseluruhan. Tetapi saya hanya mentargetkan berdasarkan jenis produk/jasa yang diberikan. Berikut ini segmen pasar yang saya tetapkan:



Text Box: Mahasiswa/PelajarText Box: PerkantoranText Box: Publik




Jasa pengetikan




Jual Komputer/Spare Part




Service

Segmen pasar yang saya pilih adalah segmen pasar berdasarkan spesialisasi selektif. Dalam hal ini, saya memilih sejumlah segemen secara obyektif masing-masing segmen menarik dan memadai. Mungkin terdapat sedikit/tidak ada sinergi diantara segmen-segmen tersebut, namun masing-masing segmen berpotensi sebagai penghasil uang. Sehingga dengan strategi ini saya memiliki keuntungan penmdiversifikasian risiko usaha.

2. LANDASAN

v Peluang

Dimana usaha ini dapat beroperasi secara menguntungkan di dalam daerah kebutuhan pelanggan. Bertolak pada situasi dan kondisi dunia sekarang ini yang sudah banyak menggunakan high technology terutama komputerisasi, maka ini merupakan peluang yang baik untuk membuka usaha tersebut karena kekuatan bisnis yang sesuai dengan pasar sasaran dan mampu menciptakan nilai pelanggan tertinggi dan dapat mampu mempertahankannya dalam jangka waktu panjang.

v Hambatan

Timbul karena adanya tantangan akibat kecenderungan/perkembangan yang kurang menguntungkan, sehingga tingkat keuntungan menurun. Hambatan/ ancaman yang saya hadapi adalah tingkat pesaing yang semakin banyak. Nilai tukar uang dalam negeri yang masih fluktuatif terhadap mata uang dollar AS, sehingga biaya-biaya yang dikeluarkan kadang mengalami peningkatan. Kemudian juga depresi perekonomian yang berkepanjangan, dan juga attention dari pelanggan yang masih minim, terutama untuk sektor jasa pengetikan yang dapat dikatakan usaha ini bersifat musiman. Untuk mengatasinya saya terus melakukan strategi dengan mencari peluang-peluang utama yang besar dan ancaman/hambatan utamanya yang kecil.

v Kekuatan

Usaha ini baru berjalan kira-kira 2 bulan, tetapi bisnis ini sudah mampu menutupi biaya-biaya yang dikeluarkan dalam operasional. Sehingga usaha ini sudah mampu bersaing dengan pemain pasar lama dan mampu menguasai sebagian pasar dari totalitas pasar. Saya mengembangkan program keanggotaan, artinya pelanggan akan mendapatkan potongan harga jika sudah registrasi menjadi anggota. Ini adalah salah satu cara untuk menarik perhatian pelanggan agar merasa terkesan dengan pelayanan yang memuaskan, juga untuk mempermudah mengetahui seberapa banyak jumlah pelanggan tetap yang setia.

v Kelemahan

Saya akui bahwa usaha ini masih kurang mendapatkan attention dari pelanggan dan jalur pemasarannya belum terlalu luas. Sistem manajemen yang masih kurang baik dan tingkat pembagian keuntungan yang masih kurang proporsional.

3. FAKTOR-FAKTOR YANG HARUS DIAWASI AGAR SUKSES

v Jalur pemasaran dan distribusi yang harus diperluas lagi.

v Menarik dan mempertahankan pelanggan, ini adalah salah satu cara untuk peningkatan laba usaha dengan cara memberikan pelayanan yang memuaskan dan berkualitas.

v Menghitung biaya-biaya operasional usaha, dengan menekan biaya serendah mungkin dibandingkan tingkat pendapatan yang diperoleh.

4. KEY SUCCESS FACTORS

v Membuat peluang

Mencari, menentukan peluang merupakan faktor utama kesuksesan usaha ini, tanpa adanya pelung maka sulit untuk membuka usaha ini.

v Target pasar

Jelas sekali ini merupakan penentuan sasaran utama yang akan dituju, dan kita sudah mampu mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan. Target pasar merupakan kelompok homogen terbesar yang paling mungkin yang berharga untuk diraih dengan program pemasaran yang dirancang khusus.

v Percaya dan yakin

Percaya dan yakin merupakan faktor yang tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan 2 faktor di atas. Tanpa percaya dan yakin usaha tersebut tidak akan berkembang, walaupun sudah jelas target dan peluang pasarnya. Percaya dan yakin merupakan setengah dari keberhasilan. Niat yang kuat dan yakin akan menghasilkan tujuan yang optimal.

Tidak ada komentar: